Tuesday, January 12, 2010

Sejarah lahirnya Bisnis Jaringan

Networking manusia sebagai sebuah kekuatan alam, menginspirasi Pelaku Bisnis untuk mengoptimalkan kekuatan Networking ini bagi pencapaian Tujuan Bisnis, khususnya Pemasaran Produk mereka.

Pada titik inilah Networking memasuki Babak baru yang disebut Network Marketing, dan pada titik inilah Bisnis Jaringan dimulai hingga berkembang pesat seperti saat ini.

Untuk jelasnya silahkan baca Sejarah lahirnya Sistem Pemasaran berbasis Jaringan yang lebih dikenal sebagai Network Marketing.

Sistem Pemasaran berbasis Jaringan (orang-orang) muncul di tahun 1930 ketika Dunia mengalami Resesi besar yang disebut "Great Depression". Pada masa itu, terjadi penumpukan barang di gudang-gudang produksi akibat pemasaran yang terganggu sebagai dampak Great Depression tersebut. Dan untuk menyiasati kondisi ini, dibuatlah Sistem Pemasaran yang bertumpu pada kekuatan orang-orang, yang selanjutnya disebut Pemasaran Jaringan atau Network Marketing.

Network Marketing itu sendiri adalah Sistem Penjualan Produk yang menjadikan Orang sebagai Simpul kekuatan pemasaran, dalam hal:
  • Orang sebagai Fungsi Penyimpanan (storage), ini menggantikan Gudang penyimpanan Produk ketika dipasarkan.
  • Orang sebagai Fungsi Distribusi (distribution), ini menggantikan sarana dan prasaran Transportasi ketika produk didistribusikan ke konsumen
  • Orang sebagai Fungsi Tenaga Pemasaran (Sales), ini menggantikan kegiatan promosi produk yang dilakukan perusahaan.

Bagi Pemilik Produk / Perusahaan Produksi, Sistem Network Marketing sangat menguntungkan karena Perusahaan tidak lagi berurusan dengan penggudangan produk selama dipasarkan (gudangnya adalah Orang), tidak pusing urusan transportasi produk ke konsumen (orang adalah penyalurnya) dan tidak perlu mengeluarkan biaya promosi karena orang akan menjadi Salesnya secara langsung.

Dan ini penjelasan Kuncinya: Supaya Sistem ini berjalan, Orang-orang yang terlibat harus diberi Komisi atau Reward sehingga mereka mau menjalankan ke-3 fungsi tersebut dengan baik. Inilah Awal dari Sistem Pemasaran Jaringan menjadi Peluang Usaha bagi orang-orang di dalamnya dan inilah awal dari lahirnya Bisnis Jaringan atau Networking Business.

Dengan begitu, menjadi jelas sekarang beda antara Network Marketing dan Networking Business.

Network Marketing adalah Pemasaran produk yang berbasis pada kekuatan orang untuk menjalankan 3 fungsi pemasaran. Sedangkan Networking Busines atau Bisnis Jaringan adalah Peluang Usaha dalam Network Marketing.

Walaupun penggunaannya sering tumpang tindih, setidaknya anda sekarang tahu bahwa keduanya punya makna yang berbeda.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, kita bisa menarik beberapa kesimpulan, sbb:
  1. Istilah Network Marketing lahir di tahun 1930 sebagai solusi untuk memasarkan produk yang terganggu akibat "Great Depression".
  2. Bila Perusahaan diuntungkan dengan Sistem Network Marketing maka Orang atau Member di dalamnya diuntungkan dengan adanya Peluang Usaha lewat skema Marketing Plan.

Sampai disini, setidaknya anda sekarang sudah memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Network Marketing, Bisnis Jaringan, dsb.

Secara Konsep, baik Network Marketing maupun Networking Business (Bisnis Jaringan) memiliki landasan awal yang baik dan saling menguntungkan.

Adapun persepsi miring tentang Networking, muncul ketika kekuatan ini dieksploitir sedemikian rupa sebagai komoditi Bisnis. Inilah yang akan membagi Bisnis Jaringan kedalam beberapa Generasi dengan kelebihan dan kekuarangannya masing-masing.

Baca lagi:

Generasi-generasi Bisnis Jaringan



Informasi ini dipersembahkan oleh:
Team Revolusi Jaringan

http://www.revolusijaringan.co.tv

No comments:

Post a Comment