Tuesday, January 12, 2010

Mengapa Harus Networking?

Manusia adalah "Makluk Sosial" yang hidupnya MUTLAK membutuhkan bantuan orang lainnya. Artinya disini, tidak ada orang yang sukses secara Individu atau karena kekuatan dirinya sendiri.

Pemahaman di atas merupakan dasar atau falsafah bahwa hidup manusia itu saling berhubungan dan saling membutuhkan satu dengan yang lainnya membentuk Networking-networking yang terjadi secara alamiah.

Networking terkecil tentu saja keluarga dimana didalamnya ada Bapak, Ibu dan anak-anak yang hidup saling membantu, saling mengayomi sesuai perannya masing-masing.

Di luar lingkup keluarga ada Networking Masyarakat dari yang terkecil seperti RT, lalu RW, kemudian berturut-turut Desa / Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/ Kota, Propinsi, Negara, Kelompok Negara, Benua dan Dunia.

Perhatikan: seseorang menjadi Ketua RT, RW atau Lurah karena ada sekumpulan orang yang memilih dan mendukungnya. Seorang menjadi Ketua RT, RW atau Lurah karena ada orang-orang yang dipimpinnya.

Ketika manusia beraktifitas untuk hidupnya, merekapun membentuk Networking di Dunia Kerja dan Bisnis untuk saling membantu menggapai sukses.

Dalam keseluruhan Networking itu, selalu ada seseorang yang bertugas memimpin; beberapa orang di bawahnya membantu sang pemimpin, lalu di bawahnya lagi ada sekelompok orang yang bertugas membantu bawahan pemimpin; makin ke bawah orang bertambah banyak hingga kelompok umum yang dipimpin. Hierarki ini sering disebut sebagai Struktur Organisasi, Struktur Kerja, dsb yang bilamana digambarkan membentuk Pola Piramida yang membesar ke bawah sesuai jumlah orang.

Seorang Pengusaha sukses, secara keluar sepertinya terlihat sebagai Individu sukses tetapi bila digali lebih dalam; kesuksesan orang tersebut adalah hasil dari Networking Bisnis-nya: dia didukung oleh sejumlah orang staff-nya (manajemen), lalu di bawah manajemen ada sekelompok orang yang membantu mengawasi ratusan bahkan ribuan karyawan atau membantu manajemen berurusan dengan berbagai relasi Bisnis.

Mungkinkah seseorang menjadi Pengusaha Sukses karena dirinya sendiri? Anda pasti setuju bahwa itu tidak mungkin.

Jadi Mengapa harus Networking? sekali lagi karena manusia adalah Makluk sosial dan Tuhan menciptakan manusia untuk hidup saling membantu dan menolong.

Artinya disini, Manusia itu hidup dari kekuatan Networking; sesuatu hal yang terjadi secara alamiah dan siapapun akan menerima dan tidak mengingkari hal tersebut.

Baca lagi:

Bisnis Networking sudah ada di Masyarakat




Informasi ini dipersembahkan oleh:
Team Revolusi Jaringan

http://www.revolusijaringan.co.tv

No comments:

Post a Comment