Wednesday, January 13, 2010

MLM vs VM

Dari 4 (empat) Generasi Bisnis Jaringan sesuai posting sebelumnya (MWM, MLM, VM dan VM Lanjut); bisa dikerucutkan lagi menjadi 2 (dua) Kelompok Besar, yakni:

  1. MLM dan VM; Kelompok ini disebut sebagai Network Marketing Murni, disingkat Network Marketing. Penamaan demikian karena MLM atau VM bisa dijalankan secara Offline dan Online.
  2. MWM dan VM Murni (Arisan, Program Investasi, dll); Kelompok ini disebut Internet Network Marketing, disingkat Internet Marketing. Penamaan demikian karena aktivitas bisnis keduanya, hampir semuanya via Internet.

Dengan begitu, bicara Bisnis Jaringan dari sisi Network Marketing; kita hanya akan membahas Persaingan 2 (dua) sistem besar; yakni MLM dan VM.

Ya, MLM dan VM akan bersaing secara ketat memperebutkan member di Tahun 2010 ini yang disebut sebagai Tahun Ledakan Bisnis Jaringan. Siapakah yang unggul?

Bila kita menganalisa Marketing Plan dan Sistem Jaringan dari MLM maupun VM yang dipakai saat ini, secara obyektif kedua Bisnis Jaringan ini akan berkembang secara seimbang.

Artinya juga, walaupun VM merupakan Bisnis Jaringan Terbaru dengan Sistem yang luwes dan tanpa aturan-aturan mengikat; VM (diprediksi) belum mampu menggeser Pamor MLM karena Marketing Plan dan Sistem Jaringan VM belumlah mapan.

Sebaliknya, walaupun MLM telah ada sejak Abad 20; Bisnis Jaringan ini telah banyak melakukan perubahan mendasar untuk tetap eksis di tengah perubahan jaman yang pesat.

Inilah alasan kami untuk mengatakan bahwa MLM dan VM akan bersaing ketat dan berimbang karena keduanya punya keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri, sbb:

A. Sisi Kemudahan dan Kestabilan

MLM: Bisnis Jaringan ini memang susah di awal tetapi Stabil di Jaringan karena Sistem Pembinaan Jaringan di MLM adalah yang terbaik. Bila sasaran anda adalah Passive Income dan Income jangka panjang, MLM sepertinya lebih sesuai.

VM: Bisnis Jaringan ini memang Mudah di awal tetapi Rapuh di Jaringan (gampang rontok) karena tidak adanya Pembinaan Jaringan. Bila sasaran anda adalah Keuntungan saat ini (jangka pendek), VM tentunya lebih sesuai.

Artinya juga, persaingan antara MLM dan VM disini merupakan persaingan antara:

Perekrutan yang susah di awal vs Perekrutan yang Mudah di awal
Sistem yang Stabil di Jaringan vs Sistem yang Rapuh di Jaringan



B. Produk Populer

MLM: Produk Kesehatan akan mendominasi Sistem MLM dibandingkan Produk lainnya atas dasar tingginya kepedulian orang akan Pola hidup sehat.

VM: Produk Pulsa Isi Ulang akan mendominasi Sistem VM dibandingkan produk lainnya atas dasar tingginya kebutuhan orang akan pulsa di jaman informasi dan komunikasi yang serba cepat.

Artinya disini, persaingan antara MLM dan VM merupakan persaingan antara:

Produk Kesehatan vs Produk Pulsa Isi Ulang


C. Sistem Komisi


MLM: Komisi dihitung berdasarkan pembelanjaan rutin pribadi kemudian Komisi dari Belanja kelompok / Group sesuai Omzet.

VM: Komisi dihitung dari Informasi yang disebar dan teraktifasi kembali ke Sistem, menghasilkan Komisi Sponsor - Komisi Pasangan - Generasi - Titik, dll.

Artinya disini, persaingan MLM dan VM merupakan persaingan antara:

Sistem Komisi Belanja vs Sistem Komisi Referensi.


D. Harga Produk

MLM: Sudah bukan rahasia lagi bahwa Harga Produk di Sistem MLM umumnya Mahal dan eksklusif serta berkualitas.

VM: sebaliknya Harga Produk di Sistem VM umumnya Murah bahkan lebih rendah dibandingkan Harga Pasaran pada umumnya.

Artinya juga, persaingan MLM dan VM merupakan persaingan antara:

Produk Mahal-Eksklusif vs Produk Murah-Familier


E. Pengelola

MLM: Pengelola Sistem MLM umunya Perusahaan Asing yang diprediksi akan semakin membanjiri Indonesia semenjak Perdagangan Bebas resmi di mulai 1 Januari 2010 yang lalu.

VM: Pengelola Sistem VM umumnya Perusahaan Lokal yang juga diprediksi akan semakin menjamur di tahun 2010 ini.

Artinya juga, persaingan MLM dan VM merupakan persaingan antara:

MLM Asing vs VM Lokal

Berdasarkan 5 (lima) Point penilaian di atas, andapun tentunya setuju bahwa antara Sistem MLM dan VM ; keduanya punya keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri, sehingga keduanya akan bersaing ketat cenderung berimbang...... tidak ada yang lebih unggul dari yang lainnya.


.....dan ini yang penting


Bagi anda yang Member MLM: Bagaimana mengatasi kesulitan memprospek orang; sehingga anda sukses di Bisnis Jaringan ini?

Silahkan Klik Disini untuk mendapatkan Kiat Sukses MLM buat 2010

Bagi anda yang member VM: Bagaimana supaya Jaringan anda tidak Rapuh; sehingga anda bisa Passive Income di Bisnis Jaringan ini?

Silahkan Klik Disini untuk mendapatkan Kiat Sukses VM buat 2010




Informasi ini dipersembahkan oleh:
Team Revolusi Jaringan

http://www.revolusijaringan.co.tv

No comments:

Post a Comment